Beranda Warta Desa H. Endang Ahmad Hidayat Menampung Aspirasi Masyarakat Desa Cintakarya

H. Endang Ahmad Hidayat Menampung Aspirasi Masyarakat Desa Cintakarya

88
0

Pada hari Kamis, 20 Januari 2022 dilaksanakannya kegiatan Reses DPRD Kabupaten Pangandaran yang dilaksanakan di Aula Desa Cintakarya, Kegiatan tersebut dihadiri oleh salah satu anggota dewan DPRD Kabupaten Pangandaran, yaitu bapak H. Endang Ahmad Hidayat (ketua komisi 2), kepala desa dan seluruh perangkat desa Cintakarya, masyarakat desa Cintakarya, patriot desa dan lembaga desa Cintakarya. Kegiatan ini bertujuan untuk menampung aspirasi dari masyarakat. Kegiatan ini sering disebut dengan kegiatan reses, dimana reses itu sendiri adalah manifestasi kewajiban Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD untuk melakukan komunikasi dua arah dengan Konstituen melalui kunjungan kerja dan bertemu Konstituennya di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing yang dilakukan secara rutin pada setiap masa Reses.

Pada kesempatan itu bapak H. Endang Ahmad Hidayat selaku ketua komisi 2 DPRD Kabupaten Pangandaran menyampaikan bahwa Desa Cintakarya  penuh dengan potensi yang harus dikembangkan, diantaranya peningkatan produksi pertanian yang menjadi fokus pada kegiatan ini melalui KWT (kelompok wanita tani) Desa Cintakarya. Kelompok Wanita Tani yang ada di desa Cintakarya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga, minimalnya dapat menyediakan kebutuhan sehari hari tanpa membeli, tetapi sudah tersedia dilahan pekarangan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Cintakarya, bapak Wawang Darmawan Mengucapakan terima kasih kepada bapak H. Endang Ahmad Hidayat atas kehadiran dan dukungannya untuk mengembangkan Kelompok wanita tani (KWT) Desa Cintakarya, selain itu juga berharap semoga Program desa tahun 2022 dapat bersinerji dengan program kabupaten pangandaran. Kepala Desa Cintakarya menambahkan pada tahun ini, Desa Cintakarya melaksanakan amanat presiden yang tertuang pada peraturan presiden  104 tahun 2021 pasal 1 ayat 5 poin B terkait Ketahanan Pangan, yaitu budidaya minapadi, dan budidaya domba.

Pada sesi diskusi, Bapak Hidayat (Ketua BPD) juga mengeluhkan dan meminta solusi mengenai ketersediaan pupuk dikalangan petani, selain itu harga pupuk yang cenderung meningkat. Lain halnya yang diutarakan oleh Bapak Rupin (Sekretaris Desa) menyampaikan perlu adanya pelatihan untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari pembuatan minyak goreng kelapa atau minyak kelentik. Sedangkan Bapak Galuh Gumelar Alhusna (Kaur Perencanaan) mengatakan banyak sekali potensi Desa Cintakarya yang harus dikembangkan, sudah terlihat sebagai contoh geliat potensi pertanian, yaitu produksi minapadi, hasil produksi KWT (KWT Titani dan KWT Melati). Dari potensi peternakan mandiri ataupun peternak berkelompok. Dari potensi wisata adanya kampung nusatara dan pasir gintung, walaupun memang semua potensi masih perlu dikembangkan sehingga menjadi ikon Desa Cintakarya.

Kegiatan reses ditutup oleh bapak H. Endang Ahmad Hidayat dengan penuh semangat dan keyakianan akan berkembangnya roda perekonomian masyarakat desa Cintakarya. Beliau juga berharap komunikasi serta kerjasama ini semoga akan terus berlanjut, Aamiin.

Pasang

LEAVE A REPLY

Silahkan berikan komentar!
Silahkan masukan nama anda di sini