Beranda Warta Desa Kegiatan Rutin Posyandu Lansia di Desa Cintakarya

Kegiatan Rutin Posyandu Lansia di Desa Cintakarya

403
0
Posyandu Lansia Desa Cintakarya
Posyandu Lansia Desa Cintakarya

Posyandu lansia adalah wadah pelayanan untuk warga lanjut usia. Pembentukan dan pelaksanaannya dilakukan berdasarkan inisiatif masyarakat. Hal ini membuat program dan layanan yang tersedia bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat di daerah tersebut. Posyandu Lansia ini juga di adakan di Balai Desa Cintakarya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, melalui kegiatan posyandu lanjut usia yang mandiri dalam masyarakat.

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.Posyandu Lansia ini biasanya di adakan rutin setiap bulan di minggu kedua dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19.

Adapun kegiatan yang dilakukan di posyandu Lansia ini, Kader juga akan melakukan pemeriksaan aktivitas sehari-hari seperti:

  • Mencatat pola makan.
  • Pencatatan KMS lansia meliputi : Indeks Massa Tubuh, tekanan darah, berat badan, tinggi badan.
  • Cara mandi.
  • Rutinitas buang air.
  • Kemampuan untuk berjalan dan berpakaian.
  • Kemampuan untuk turun atau naik tempat tidur.
  • Kemandirian lansia tersebut.
  • Latihan Gerak dan Senam Lansia

Tujuan khusus Kegiatan Posyandu ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan & peran serta masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan lansia secara optimal, meningkatkan jangkauan yayasan kesehatan lansia, meningkatnya jenis dan mutu yayasan kesehatan lansia

TUjuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar bertujuan untuk Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia serta mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Pasang

LEAVE A REPLY

Silahkan berikan komentar!
Silahkan masukan nama anda di sini